Mengenal Sejarah dan Makna Bendera Korea Selatan

Selama ini Korea Selatan terkenal dengan lagu dan dramanya yang mendunia. Tapi, apakah kamu tahu seperti apa bendera Korea Selatan?


Sejarah dan Makna Bendera Korea Selatan

Mungkin sebagian dari kita, sudah tahu seperti apa bendera Korsel. Tapi tidak banyak yang tahu nama, warna, sejarah serta maknanya. Maka dari itu, di bawah ini akan dijabarkan ulasan lengkapnya.

 

Nama Bendera Korea Selatan 


Nama Bendera Korea Selatan disebut Taegukgi (태극기). Atau kadang-kadang orang juga membacanya dengan nama Taegeukgi. 


warna bendera korea selatan

Kata Bendera sendiri dalam Bahasa Korea disebut dengan 극기 (gukgi).


Warna dan Gambar Bendera Korsel


Warna bendera Korea Selatan terdiri dari tiga warna; biru, merah dan hitam, dengan berlatarbelakang putih.


cara membuat bendera korea selatan

Pada bagian tengah terdapat 태극 (Taegeuk), yang merupakan lambang yin dan yang, berwarna merah dan biru. 

Setiap sudut bendera, masing-masing ada tigas baris garis trigram berwarna hitam. 


Makna Lambang dan Artinya


Latar belakang putih merupakan warna yang sangat dihormati oleh masyarakat Korea. Soalnya memiliki makna kecerahan, kedamaian dan kemurnian.

Sementara itu, simbol yin dan yang pada bendera nasional Korea Selatan bermakna bahwa segala sesuatunya itu diciptakan dan berevolusi.

Warna merah pada bagian atas simbol yin dan yang, melambangkan segala hal yang positif. Sedangkan warna biru pada bagian bawahnya melambangkan segala hal yang negatif.  

yin yang makna bendera korea


Hal ini menandakan bahwa masyarakat Korea menginginkan suatu gerakan yang harmonis, sehingga terciptanya keseimbangan alam semesta.

Empat lambang trigram hitam pada masing-masing sisi Taeguk, berasal dari berbagai kekuatan alam.  Keempat simbol ini dinamakan Geon, digunakan untuk melambangkan unsur langit, bumi, air dan api,

Simbol-simbol Geon ini memberikan keharmonisan dan keselarasan pada alam semesta, yang diwakili oleh lambang Taegukgi yang ada di bagian tengah. 
 
Jadi makna bendera Korea Selatan dapat diartikan bahwa masyarakat Korea Selatan menginginkan adanya persatuan dan kesatuan bagi negaranya.

Dengan adanya upaya menuju ke arah persatuan tersebut, harapannya akan dapat berkontribusi terhadap kebahagiaan dan perdamaian seluruh umat manusia.

Bendera Negara Korea Selatan dari Masa ke Masa


1. Era Dinasti Jeoseon


Pada era dinasti Jeoseon, diperkirakan sebelum tahun 1800, bendera Korsel memiliki latar belakang merah. 

bendera jeoseon


Sisi atas, kanan dan bawahnya bergerigi hitam. Lambang taegukgi pada bagian tengah, dikelilingi trigram yang berjumlah delapan.

2. Era Raja Jeongjo dari Dinasti Jeoseon


Diperkirakan pada tahun 1800 ke atas, tepatnya pada masa pemerintahan Raja Jeongjo dari Dinasti Jeoseon, bendera Korea mengalami sedikit perubahan.


bendera korea raja jeongjo


Secara warna, latar belakangnya memilki warna merah yang sedikit lebih gelap. Sementara itu, sisi geriginya yang semula berada di bagian kanan, dipindah ke sebelah kiri.


3. Era Dinasti Qing


Sekitar tahun 1883, pada masa Dinasti Jeoseon, bendera Korea mengalami perubahan lagi. Kali ini menyerupai bendera yang kita kenal saat ini. 


bendera korea pertama


Namun lambangnya berukuran lebih besar. Menutupi hampir sebagian besar bendera. Pada masa ini, benderanya memiliki latar belakang kekuningan.


4. Era Raja Gojong pada Dinasti Jeoseon


Bulan September 1882, bendera Korea mengalami sedikit perubahan. Kali ini bendera Korsel didesain oleh Park Yeong Hyo, seorang utusan Korea untuk Jepang. 


bendera korsel buatan park yeong hyo


Secara bentuk, tidak berbeda jauh. tapi memiliki latar belakang putih. Setahun setelahnya, tepatnya tahun 1883, desain bendera seperti ini pun resmi digunakan. Bertahan hingga saat ini.

5. Taegukgi 1882 - Sekarang


Hingga masa seterusnya, Taegukgi tidak lagi mengalami perubahan yang berarti. Namun desainnya mengalami beberapa kali perubahan bentuk dan ukuran pada lambangnya.

bendera versi perangko korea selatan

Bendera Korea Selatan versi Perangko 1944

Dalam versi Perangko yang diterbitkan tahun 1944, lambang Taegukgi sempat berubah arah. 

Akhirnya masa sekarang, bentuk dan ukuran simbol Taegukgi dibuat lebih proporsional. 


Sejarah dan Asal Usul Bendera 


Awalnya ketiadaan bendera nasional tidak menjadi masalah. Namun saat ada utusan delegasi Jepang datang berkunjung, mereka semua memasang bendera nasional Jepang. Tapi Korea Selatan tidak punya.

Utusan dari Dinasti Qing, Tiongkok mengusulkan agar Korea Selatan membuat bendera nasional. Dia menyarankan agar terjadi penggabungan bendera Dinasti Qing kepada pemerintah Korea. 

Usulan tersebut ditanggapi pemerintah Korsel dengan mengirim utusan. Namun utusan dari Korsel tidak menyetujui rencana tersebut.  

Setelah pengesahan perjanjian Korea - Amerika pada tahun 1882, mulai dibuat keputusan pembuatan bendera Korea Selatan. Mengingat negara-negara modern lainnya telah melakukan hal yang sama.

foto bendera korea selatan


Di bawah masa pemerintahan Raja Gojong, Park Yeong Hyo memutuskan untuk membuat desain bendera Korea saat berada di atas kapal menuju Jepang. 

Perjalanan tersebut bertujuan untuk membangun misi diplomatik dengan Jepang. Saat itu, Park membuat desain bendera baru yang berbeda dengan bendera dinasti Jeoseon.

Raja Gojong memerintahkan agar nendera buatan Park mulai digunakan secara resmi. Atas perintah kerajaan, tepatnya tanggal 6 Maret 1883, bendera Park disahkan menjadi bendera nasional.

Kemudian pada tanggal 29 Juni 1942, Pemerintah Korea Selatan mengeluarkan panduan gaya bendera nasional dan memastikan penggunaannya secara konsisten. 

Sayangnya meskipun sudah sering digunakan, masyarakat Korea kurang memahami aturan tersebut. Setelah negara Korea Selatan resmi berdiri, Pemerintah Korsel memutuskan untuk melakukan penyempurnaan bentuk bendera Korea Selatan.    

Sejak saat itu, mulai disahkan berbagai aturan tentang pedoman dan pengaturan Bendera Korsel. Pada bulan Januari 1949, dibentuk Panitia Koreksi Bendera Nasional. Kemudian melalui lembaga tersebut, disahkan Pedoman Pembentukan Bendera Nasional tanggal 15 Oktober 1949,

Lalu secara bertahap dibuat peraturan mengenai sistem pengelolaan bendera nasional. Mulai dari pengesahan Undang-Undang Bendera Korea pada Januari 2007. UU tersebut mulai berlaku pada Juli 2007.

Di bulan September 2009, atas instruksi Perdana Menteri saat itu, Peraturan Pengibaran, Pengelolaan dan Promosi Bendera Nasional pun dibuat.  

Nah itulah dia penjelasan lengkap bendera nasional Korea Selatan. Bagi kalian yang ingin tahu tentang Serba-Serbi tentang Korea Selatan silahkan menuju link di sini ya. 

21 komentar untuk "Mengenal Sejarah dan Makna Bendera Korea Selatan"

  1. Setiap bendera sebuan negara pasti mengandung makna ya begitupula dengan bendera Korea Selatan. Jadi belajar banyak dari postingan ini tau makna yang terkandung dari bendera Korsel.
    Baru tau ternyata bendera Korea Selatan mengalami perubahan ya aku pikir dari dulu ini benderanya yang ada sekarang

    BalasHapus
  2. Ternyata pernah mengalami beberapa perubahan, ya. Tapi, cakepan bendera yang sekarang kalau warna dan desainnya.

    BalasHapus
  3. Wah baru tahu kalau bendera Korea Selatan ini beberapa kali mengalami perubahan. Sekarang terlihat lebih bersih dan cerah dengan background warna putih. Makasih kak ilmunya

    BalasHapus
  4. Perjalanan yang cukup panjang untuk sebuah bendera nasional. Ternyata semasa pemerintahan Raja Gojong desain bendera mulai dibuat. Selama ini melihat sepak terjang Raja Gojong hanya dari drakor saja yg kadang banyak dibumbui kisah fantasi. Ternyata cukup menarik jika ditinjau dr sisi sejarah, jadi makin penasaran.

    BalasHapus
  5. Aku baru tau kalau teryata ada perubahan bendera Korea Selatan dari masa ke masa. Berbeda per dinasti ya mba. Baguslah kalau ada penyempurnaan bendera. Bendera Korea Selatan yang sekarang aku suka

    BalasHapus
  6. Mempelajari sejarah bendera tiap negara memang menarik, ya. Selalu ada cerita di baliknya dan mengalami perubahan dari masa ke masa. Kayak bendera Indonesia juga yang terinspirasi dari warna panji-panji kerajaan Majapahit.

    BalasHapus
  7. Baru tau juga aku makna dari bendera Korea...next mau lihat beneran benderanya di negara asal nama Benderanya Korea Selatan disebut Taegukgi.... Dihapal sekarang sih🤗

    BalasHapus
  8. Waah tambahan ilmu baru nih tentang bendera Korea Selatan. Saya fikir bendera Korea Selatan ya itu2 aja kayak bendera Indonesia. Heheh

    BalasHapus
  9. Menarikn banget, ketika kita belajar soal bendera sebuah negara termasuk bendera Korea Selatan, kita sekaligus belajar sejarah dan filosofi dari bendera tersebut. Mba Molly memang selalu mendetail kalau jelasin terkait Korea 🤩 keren banget nih jadi belajar sejarah Korea dari jaman kerajaan terdahulu.

    BalasHapus
  10. Baru tahu kalo bendera Korsel juga mengalami perubahan dari masa ke masa. Simbol Yin dan Yang sendiri emang melambangkan gerakan yang harmonis, keseimbangan alam semesta. Lebih bagus sih desain yang sekarang.

    BalasHapus
  11. Aku tiap melihat bendera Korsel tuh entah gimana selalu kepikiran taekwondo. Apa karena master taekwondo banyak yang berasal dari Korsel ya.

    BalasHapus
  12. Jujur, aku jadi perhatiin garis trigramnya. Ternyata ada yang terputus garisnya. Ada yang di tengah, ada yang di samping, bahkan tiga-tiganya. Selama ini ngga ngeh, taunya tersambung semua.

    BalasHapus
  13. Ternyata bendera Korea Selatan mengalami perubahan beberapa kali, ya. Seringnya lihat bendera Korea Selatan ini kalau lagi nonton drakor hehehe

    BalasHapus
  14. Aku lihat sekilas benderanya, mikir itu Yin Yang. Cuma gak ngerti kenapa merah biru. Baca ini jadi tahu deh. Emang setiap bendera, lambang negara pasti punya sejarah dan makna tersendiri

    BalasHapus
  15. Wow, perubahan benderanya dari masa ke masa dan sekarang makin sederhana, tentunya penuh dengan makna ya.
    Jadi banyak tau deh sejarah dan makna bendera Korea.

    BalasHapus
  16. Wahh aku beneran baru kali ini baca artikel tentang bendera korea selatan. Aku pikir emang sejak awal sudH begitu motifnya eh ternyata ada bberapa design di tiap dinasti ya

    BalasHapus
  17. Jadi tahu bendera korea dari masa ke masa. Tidak seperti indonesia tetap merah putih sejak jaman dulu sampai sekarang . Korea sekarang mendunia karena Tidak hanya terkenal dengan boy band dan Drakor. Tapi sekarang pelatih timnas U23 juga asal korea

    BalasHapus
  18. Konsep dan belajar tentang bendera ini menarik juga yah, belajar tentang filosofi juga

    BalasHapus
  19. Wah ternyata sudah mengalami beberapa kali pergantian ya bendera korea selatan ini, baca ini jadi ngerti filosofinya

    BalasHapus
  20. Menarik banget nih artikelnya, seru menambah wawasan... Terima kasih ya mak, jadi tahu sejarah panjangnya bendera korea selatan...

    BalasHapus
  21. Wah ternyata bendera korea pernah berubah2 juga ya dari masa ke masa beda sama bendera indo.. mantap sekali mba ilmu sejarah korea nyaa

    BalasHapus

Annyeonghaseyo, silahkan berikan komentar Anda terkait postingan di atas. Gunakan bahasa yang santun dan bijak ya ..