Yuk, Kenalan sama Won, Mata Uang Korea Selatan

Melalui drama, mungkin kita sudah mengetahui nama mata uang Korea Selatan yang sering disebut Won. 

Mata uang negeri ginseng memiliki kode internasional KRW alias Korean Won.

sejarah mata uang korea selatan

Tak banyak yang tahu, bahwa mata uang Korsel ini, sudah dikenal dari sebelum kemerdekaan negara ini. 

Pengen tahu lebih jauh tentang sejarah dan serba-serbi Won? Baca yuk ulasan lengkapnya di bawah.


Asal Usul Penamaan Won


Dalam Bahasa Korea, mata uang Won ditulis dengan nama 원. Kata tersebut memiliki arti lingkaran. Sejak awal dibuat, mata uang Korea sempat berubah-ubah beberapa kali. 

Baik di kedua negara, Korea Selatan dan Korea Utara, keduanya menggunakan mata uang yang sama. Akan tetapi keduanya berbeda kurs. Seiring dengan berpisahnya kedua negara.




Pada awalnya pembuatan mata uang Won mengadopsi koin dollar. Mata uang Spanyol-Amerika ini tadinya dikenal sebagai mata uang internasional, yang banyak digunakan di Asia dan Amerika pada abad ke-16 dan ke-19. 

Mata uang kertas Korea Selatan terbuat dari serat kapas. Sementara itu, mata uang koin Korea terbuat dari campuran nikel, tembaga, seng dan aluminium. 


Sejarah Won, Mata Uang Korea Selatan


Awalnya negara Korea Selatan tidak memiliki mata uang sendiri. Rakyat Korea menggunakan sistem penukaran barter dengan beras dan kain.

Akan tetapi saat zaman dinasti Georyeo, rakyat Korea mulai bertransaksi satu sama lain. Mereka menggunakan koin dari Tiongkok yang saat itu beredar.

Mata uang koin di Korsel pertama kali diperkenalkan pada abad ke-9, di masa pemerintahan raja Song Jong. 

Koin pertama Korea ini terbuat dari tembaga dan zat besi mirip dengan koin Cina. 

gambar mata uang korea selatan

Sebelum menggunakan mata uang Won, Korea Selatan menggunakan beberapa kali mata uang yang berbeda-beda. Semuanya berbentuk koin. 

Won sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1902, untuk menggantikan mata uang Yang. Pada tahun 1909, Bank Korea pun dibentuk. 

Mata uang ini sempat dihentikan penggunaannya pada masa penjajahan Jepang. Saat itu rakyat Korea menggunakan Yen Jepang untuk bertransaksi sehari-hari.

Tahun 1910, diluncurkan uang kertas Yen Korea oleh Bank Nasional Jepang. Won kembali dipergunakan sebagai mata uang Korea pada tahun 1950. 


Kurs Mata Uang Won ke Rupiah


Per tanggal 29 April 2024, kurs mata uang rupiah ke won sebesar 1 rupiah berbanding 0,085 won. Itu artinya 1000 rupiah sama dengan 85 won.

Berikut jumlah konversi uang Rupiah Indonesia ke Won Korea Selatan:

100 won = Rp. 1.181 

1000 won = Rp. 11.810

10.000 won = Rp. 118.100

100.000 won = Rp. 1.181.000

1.000.000 won = Rp. 11.810.000 


Macam-Macam Uang Kertas Won


Di Korea Selatan, terdapat empat buah nominal mata uang. Hingga saat ini sudah diluncurkan beberapa seri mata uang kertas Korea Selatan, diantaranya :


1. 50.000 Won


Pertama kali diluncurkan pada 23 Juni 2009. Mata uang kertas won ini didominasi dengan warna kuning. 

Pada bagian depan, terdapat gambar Shin Saimdang, seorang seniman dan cendekiawan dari Dinasti Jeoseon yang lahir di Provinsi Gangwon. 

50.000 won bagian depan

Shin juga merupakan ibu dari Yi I, salah seorang dari empat tokoh filsuf Korea yang terkenal semasa Dinasti Jeoseon.

Di sebelah lukisan Shin, terdapat gabungan dari dua lukisan yang dibuat oleh Shin Saimdong, yaitu Mookpododo dan Eggplants and The Mole Cricket. 

Sementara itu pada bagian belakang, terdapat gabungan dari tiga lukisan dari seniman Korea lainnya, yaitu Lee Jeong, Pongjukdo, Eo-mung ryeong dan Wolmaedo.


2. 10.000 Won


Uang 10.000 Won Korea diluncurkan pertama kalinya pada 22 Juni 2007. Mata uang ini didominasi oleh warna hijau.

Bagian depannya, terdapat gambar Raja Sejong yang Agung, raja termahsyur dan penemu huruf hangeul dari Dinasti Jeoseon yang hidup pada tahun 1397-1450.

10000 won bagian depan

Di sebelah gambar Raja Sejong, terdapat lukisan lwolohbongdo yang artinya Matahari, Bulan dan Puncak Gunung. 

Pada sisi atas gambar Raja Sejong terdapat tulisan puisi yang dibuat oleh Raja Sejong sendiri. Judul puisinya Yeongbieochonga, artinya lagu dari naga terbang kepada surga. 

Sementara itu, pada bagian belakang mata uang 1000 won ini, terdapat tiruan planet bumi yang pernah dijadikan penunjuk waktu pada masa Raja Sejong.

10.000 won bagian belakang

Tiruan bumi ini dibuat atas perintah Raja Sejong kepada ilmuwan Jang Yeong Sil.


3. 5000 Won 


Hingga saat ini telah diluncurkan edisi kelima mata uang 5000 Won. Mata uang kertas ini diluncurkan pertama kalinya pada 2 Januari 2006.

Dalam mata uang ini, pada bagian depan terdapat gambar Yi I, juga dikenal sebagai Yulgeok Yi, seorang filsuf kenamaan Korsel yang merupakan anak ketiga Shin Saimdong.



Sebelah lukisan Yulgeok Yi, terdapat gambar bangunan bersejarah Ojukheon, yang juga rumah masa kecil Yulgeok dan ibunya. 

5000 won bagian belakang

Ojukheon berlokasi di kota Gangneung masih terawat hingga kini. 
Sedangkan, di bagian belakang terdapat lukisan Shin Saimdang yang berjudul Semangka dan Belalang. 


4. 1000 Won


Saat ini mata uang 1000 Won sudah menginjak edisi ketiga, semenjak dirilis untuk pertama kali pada 22 Januari 2007.

Pada bagian depannya terdapat gambar Toegye Yi Hwang, ilmuwan dan filsuf Konghucu yang terkenal dengan sikap anti korupsi. 


Dia beberapa kali diasingkan karena terkenal tidak pandang bulu memberantas para koruptor.

Di sebelah foto Yi Hwang, ada gambar pohon plum Korea bermekaran yang disebut Maehwa.  Konon katanya Yi Hwang, sangat menggemari saat-saat pohon Maehwa ini bermekaran.


Sementara itu, di bawah pohon tersebut, terdapat bangunan kuno Myeongryundang yang sekarang bagian dari Universitas Sungyungkwan.

 
Macam-Macam Uang Koin Won


Berbeda dengan uang kertas, terdiri dari 6 nominal. Diantaranya :


1. 500 Won

500 Won Korea ini diluncurkan pertama kali pada 12 Juni 1982. Pada bagian depan uang logam Korea ini, terdapat gambar burung Crane.


koin 500 won


Burung Crane di Korsel erat dengan prinsip kekonsistenan dan filosofi umur panjang, kemurnian dan kedamaian. 


2. 100 Won


Koin 100 won pertama kali diluncurkan pada 30 November 1970. Pada bagian depan, uang logam ini terdapat gambar Yi Sun Shin.


Dia pahlawan militer yang pernah menumbangkan pasukan Jepang dalam perang Tujuh Tahun semasa Dinasti Jeoseon. 


3. 50 Won


Mata uang 50 Won Korea Selatan ini diluncurkan pertama kali pada 1 Desember 1972. Bagian depan logam terdapat gambar tangkai padi.


4. 10 Won


Bagian depan koin logam 10 won Korea ada pagoda Dabotap. Untuk pertama kalinya, mata uang ini diluncurkan pada 16 Agustus 1966. 




Pagoda Dabotap nama sebuah pagoda yang terletak di depan Kuil Bulguk, Gyeongju. 

 

5. 5 Won


Koin logam 5 Won pertama kali diluncurkan pada 16 Agustus 1966. 

Terdapat gambar Kobukson pada bagian depannya. Kobukson ini dikenal dengan kapal kura-kura. 


Kapal ini pernah digunakan oleh Pasukan Angkatan Laut pada masa Dinasti Jeoseon pada era abad ke-16 hingga 19.   


6. 1 Won 


Koin 1 won diluncurkan untuk pertama kali pada 16 Agustus 1966. Pada bagian depan, terdapat gambar Mugunghwa sebagai bunga nasional Korea Selatan. 


koin 1 won


Nah itulah ulasan lengkap mengenai Won sebagai mata uang Korea Selatan. Jangan lupa baca juga artikel tentang Serba-Serbi Korea Selatan untuk tahu info menarik tentang Korsel lainnya. 

18 komentar untuk "Yuk, Kenalan sama Won, Mata Uang Korea Selatan"

  1. Seru menyimak sejarah perjalanan mata uang Korea yang sempat mengalami perubahan mata uang yang berbeda. Pecahan paling besar Won ternyata 50.000 ya. Semoga suatu saat bisa pegang uang Korea juga saat ke sana

    BalasHapus
  2. Berasa masuk ke drakor aku liat mata uang won. Ahaha. Asal usul won itu karena ada Siwon wkwk. Pengen ambil satu lembar buat beli Jajangmyeon 😂

    BalasHapus
  3. Menarik sekali ya Kak Molly untuk mengetahui sejarah mata uang Won dan jenis2nya. Apalagi ada makna fisolofis di baliknya dan desain gambar yg ad a di koin juga artistik.

    BalasHapus
  4. Unik banget mata uang korea, won ada gambar rumah masa kecil sang filsuf, beda banget dengan rupiah pakai rumah adat bukan rumah pribadi.

    BalasHapus
  5. Aku tahu kalau mata uang Korea Selatan itu Won. Cuma entah mengapa di drama, kadang nemu soal pembayaran bilangnya dolar. Jadi agak bingung juga

    BalasHapus
  6. Paling besar dia ternyata 50000 ya.
    Bener kak Molly, lewat nonton drakor jadi sekaligus kitanya berkenalan dengan mata uangnya. Cuma buat daku tingg ke koreanya nih yang belum hehe

    BalasHapus
  7. Jadi ingat masih punya uang won dari sisa kemarin ke Korea Selatan. Tapi aku juga ngoleksi uang-uang dari negara-negara asing. Dengan harapan suatu saat bisa pergi ke negaranya.

    BalasHapus
  8. Uang koinnya sudah tua-tua ya. Apa masih berlaku sampai sekarang semua uang koinnya? Kok tidak diperbarui ya. Beda dengan uang kertasnya

    BalasHapus
  9. Temanku kerja di Korea, gajinya empat juta won lebih
    Berarti lebih dari 40 juta rupiah ya kalau ditukarkan itu

    BalasHapus
  10. Senang deh kalau lihat mata uang dari negara lain karena dari mata uang kertas dan koin bisa belajar tentang kebudayaan dan sejarah dari negara tersebut. Baru tahu lho aku tentang filosofi burung crane.

    BalasHapus
  11. Wah ada 1 won ya, dapat apa tuh, kalau dibawa ke negara kita udah banyak nih dapat semangkuk bakso. Penasaran uang won boleh lecek gak ya, kallyak dolar yang gak boleh lecek

    BalasHapus
  12. Kalo ngeliat mata uang won ini kudu teliti kalik yaa..
    Karena ukurannya kaya yang samaaa.. Atau besarnya beda-beda kaya mata uang rupiah, Molly?

    Jadi inget kalok nonton sageuk, suka mata uangnya selain koin-koin adalah emas perak yang cetakannya kek kue lupis. Hehhee, berat sekaliii..

    BalasHapus
  13. Wah menarik artikelnya
    Jadi tahu aku tentang mata uang Won ini
    Bisanya sering lihat di drama

    BalasHapus
  14. Iya sering banget tuh pas lagi nonton drakor mereka bayar pake.koin baru kali ini lihat jelas koin nya uang Korea won...

    BalasHapus
  15. Wah nambah ilmu disini tentang mata uang Korea. Dulu aku pernah punya koin uang Korea tapi lupa tahun berapa. Tepatnya punya kakaku sih, hehehe.. Dia koleksi koin dari beberapa negara termasuk Korea Selatan juga

    BalasHapus
  16. Saya senang bisa belajar sejarah dari mata uang. Baru tahu kalau mata uang Korsel dan Korut berbeda bahkan dari bahannya. Kursnya masih besaran won ya berarti dibanding rupiah. Hiks kapan rupiah menguat??

    BalasHapus
  17. menarik ya ini bahasan uang Korea Selatan
    itu koin-koin jadulnya udah gak beredar kali ya di pasaran, masyarakat yang punya koin-koin itu pasti kolektor ya.

    BalasHapus
  18. Desain mata uangnya menurutku klasik ya, tokoh-tokohnya dalam mata uang terseubut berasa lihat kerajaan pada masa Korea dahulu

    BalasHapus

Annyeonghaseyo, silahkan berikan komentar Anda terkait postingan di atas. Gunakan bahasa yang santun dan bijak ya ..