g √10 Museum Unik untuk Liburan Anak di Korea Selatan - WahKorea.com

Kamis, 19 Mei 2022

10 Museum Unik untuk Liburan Anak di Korea Selatan

Memasuki penghujung tahun ajaran sekolah, saatnya untuk merencanakan liburan. Di Korea Selatan ada banyak destinasi wisata yang menarik. Untuk mengajak buah hati berlibur, sebaiknya memilih lokasi wisata edukasi dan menghibur. Salah satunya yang menarik untuk dikunjungi adalah museum.


Tahukah sobat kalau di negeri ginseng tersebut, banyak sekali museum unik dan menarik. Tidak hanya untuk edukasi semata, namun juga mengandung makna yang mendalam. Penasaran dengan 10 museum unik yang hanya ada di Korea Selatan? Simak ulasannya di bawah ini:

10 Museum Unik untuk Liburan Anak di Korea Selatan

1. Museum Kimchi

Museum kimchi letaknya di daerah Insa-dong, Kota Seoul. Terdiri dari bangunan empat lantai, di museum ini kita bisa melihat pameran kimchi dari berbagai masa. Mulai dari zaman prasejarah, hingga zaman kerajaan Joseon! Anak-anak bisa ikut serta membuat berbagai jenis resep kimchi secara langsung!


2. Museum Sains Nasional Daegu

Lokasinya ada di Kota Daegu. Museum sains nasional ini mirip seperti PP Iptek Taman Mini Jakarta. Di sini anak-anak bisa puas bereksperimen sains. Ada banyak percobaan ilmiah yang bisa dilakukan. Oh ya, museum ini juga ada studio 3D loh. Pasti akan jadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak untuk bermain sembari belajar. 


3. Museum Bank Korea

Mirip seperti museum Bank Indonesia, nah di Museum Bank Korea anak-anak bisa belajar tentang sejarah mata uang Won dari masa ke masa. Ada berbagai diorama mini yang dipertunjukkan. Mereka juga belajar cara mendeteksi uang palsu, termasuk cara menghabiskannya. Soalnya di sini juga ada kafe yang menjual berbagai makanan dan minuman. Haha... bercanda, kok.   


4. Figure Museum W

Bocah laki-laki pasti suka berkunjung ke sini. Tempat museumnya ada di daerah Gangnam, Kota Seoul. Sesuai namanya, di museum ini ada banyak koleksi figurine super hero dan mainan. Kita juga bisa beli untuk dibawa pulang karena ada toko merchandisenya.


5. Museum Sejarah Perangko Korea

Tertarik belajar tentang perangko dan surat menyurat? Di sinilah tempatnya. Museum sejarah perangko Korea berlokasi di daerah Junggu, Kota Seoul. Di sini anak-anak dapat belajar tentang perangko dan mengetahui gambar perangko Korea Selatan dari masa ke masa.

6. Museum Nasional Korea untuk Anak-Anak

Di Korea Selatan ternyata ada juga museum khusus untuk anak-anak. Namanya Seoul's Children Museum. Dalam museum ini diadakan berbagai kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak seperti pertunjukan teater hingga memasak. Masing-masing kegiatan ditujukan untuk anak-anak mulai dari usia balita hingga usia SD. Ada pula tempat penyewaan stroller dan kursi roda, ruang baca, ruang pertemuan hingga kafetaria khusus anak. 


7. Museum Teddy Bear

Kalau museum figurin untuk bocah laki-laki, nah museum yang satu ini pasti digemari oleh anak perempuan. Namanya museum Teddy Bear. Lokasinya ada di Pulau Jeju yang terkenal itu, loh. Di dalamnya terdapat banyak koleksi boneka Teddy Bear dari era tradisional hingga modern. Ada banyak lukisan beruang Teddy. Ada pula boneka Teddy Bear dalam versi animatronik yang bisa bergerak sendiri, loh! 

8. Museum Transportasi Samsung

Untuk anak-anak yang tergila-gila sama otomotif, tak ada salahnya kita ajak ke sini! Museum transportasi samsung bisa jadi tempat yang menyenangkan untuknya. Lokasinya dekat Everland, di Kota Yongin. Di sini anak-anak bisa belajar mengenai keselamatan dalam berlalulintas. Tak ketinggalan melihat berbagai koleksi transportasi dari berbagai negara di dunia. 

9. Museum Aerospace Jeju

Termasuk museum penjelajahan udara terbesar di dunia. Lokasinya lagi-lagi berada di pulau wisata Jeju. Di dalam museum ini, anak-anak dapat belajar mengenai seluk beluk dunia aviasi Korea Selatan. Terdapat 7 zona pertunjukan di sini. Ada berbagai jenis pesawat tempur lengkap dengan mesinnya akan menjadi hal menarik bagi anak yang bercita-cita menjadi pilot.   

10. Museum Penerbangan Nasional Gimpo

Satu lagi tempat untuk si pilot cilik. Kalau Museum Aerospace lebih ke pameran edukasi pesawat tempur Korea Selatan. Nah di Museum Penerbangan Nasional Gimpo ini, anak-anak bisa sekaligus belajar sejarah penerbangan secara umum. Lokasinya dekat dengan bandara Gimpo. Museum ini didirikan oleh Kementrian Perhubungan dan Transportasi Korea Selatan. Bangunan museum cukup unik karena didesain menyerupai turbin pesawat.  



Itulah 10 museum unik untuk liburan anak di Korea Selatan. Jadi tempat yang asyik untuk mengasah bakat dan imajinasi anak. Apakah sudah siap untuk liburan bareng anak ke Korea Selatan?
 

Sumber Artikel :

https://m.blog.naver.com/81angela81/221667374171
https://english.visitseoul.net/hallyu/Figure-Museum-W_/16395 
https://www.seoulchildrensmuseum.org/eng/main.do
https://www.visitkorea.or.id/akudankorea/unique-destination/museum-transportasi-samsung
https://www.jdc-jam.com/jamEng/exhibit/aviation.do
https://www.archdaily.com/978246/national-aviation-museum-of-korea-haeahn-architecture

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda