g √Ada Apa dengan Indonesia dan Korea Selatan dalam KTT G-20? - WahKorea.com

Minggu, 20 November 2022

Ada Apa dengan Indonesia dan Korea Selatan dalam KTT G-20?

KTT G-20 yang berlangsung di Bali baru saja berlalu. Diselenggarakan pada tanggal 15-16 November yang lalu. Sebanyak dua puluh negara adidaya melakukan pertemuan dalam rangka membahas isu-isu dunia terkini. Sudah ada sekitar 17 kali Konferensi Tingkat Tinggi yang telah dilakukan. Tahun ini, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah.



Harap maklum dikarenakan ini tingkatan dunia, maka persiapannya pun sudah dilakukan jauh-jauh hari. Indonesia sendiri sudah melakukan presidensi sejak tahun lalu. Tahun 2020 ini, KTT G-20 mengangkat tema Recover Together, Recover Stronger sebagai respon persiapan untuk menghadapi akhir dari pandemi. Maknanya bersama kita tumbuh menjadi kuat. 

Kolaborasi Indonesia dan Korea Selatan dalam KTT G-20

Memasuki 50 tahun persahabatan antar kedua negara, ternyata selebrasi momen KTT G-20 ini membuahkan kolaborasi penting. Indonesia dan Korea Selatan sepakat untuk berkerjasama dalam berbagai bidang. Utamanya dalam bidang lingkungan dan teknologi modern. 

Sebagaimana yang kita tahu, Korea Selatan menjadi salah satu negara pelopor teknologi. Sementara itu, Indonesia memiliki sumber daya alam dan manusia yang berlimpah. Kedua negara tersebut memiliki kultur budaya yang ramah. Maka tak heran lewat berbagai kolaborasi kita akan semakin digdaya.


Ada Apa dengan Indonesia dan Korea Selatan dalam KTT G-20?


Realisasi kerjasama Indonesia dan Korea Selatan terwujud dalam berbagai proyek pembangunan infrastruktur. Sebagai negara maju, pemerintah Korea ternyata sudah setuju untuk berinvestasi. Tentunya ini adalah hal yang bagus, mengingat komitmen besar Indonesia untuk melakukan transisi energi ke energi yang ramah lingkungan. 

Sejauh ini ada beberapa proyek kerjasama Indonesia - Korea yang telah dilakukan, diantaranya: pengembangan industri kendaraan listrik dan baterai, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) dan infrastrukturnya, dan pengembangan jet tempur KF-21.


Rencana Perluasan Pembangunan MRT Jakarta


Korea Selatan menjadi negara keempat yang menyetujui untuk berkerjasama membangun MRT Jakarta. Atas rencana tersebut, kedua negara telah melakukan penandatanganan nota memorandum. Sebelum Korea, sejumlah negara telah lebih dahulu tertarik yaitu Inggris dan Jepang. Bahkan Amerika Serikat juga berencana akan mengucurkan investasi sebesar 10.8 T.

Pembangunan MRT Jakarta sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1985. Namun pada 2005, barulah proyek tersebut diresmikan secara nasional. Rencananya akan ada 10 jalur kereta cepat yang akan melintasi kota Jakarta pada 2035. Saat ini sudah dibangun tahap pembangunan MRT Jakarta. Menyusul yang ketiga pembangunannya pada tahun ini. 


Rencana Perluasan Pembangunan MRT Jakarta


Penandatanganan Mou antara pemerintah Indonesia dan Korea Selatan telah dilakukan sebulan sebelumnya. Rencananya nanti hal itu akan mengukuhkan kelanjutan pembangunan MRT Jakarta tahap empat. Realisasi pembangunannya dimulai pada 2022, dan diperkirakan selesai tahun 2027.


Ratifikasi Kerjasama Ekonomi Komprehensif Indonesia - Korea


Buah dari digelarnya perhelatan KTT G-20 membuat nama Indonesia semakin tersohor. Terutama di kalangan negara-negara maju yang berlomba untuk berinvestasi di bumi pertiwi. Tentunya diharapkan investasi ini membuahkan simbiosis mutualisme yang manfaatnya dapat dirasakan rakyat Indonesia.

Pada September lalu, DPR RI resmi meratifikasi surat perjanjian kerjasama ekonomi komprehensif antara pemerintah Indonesia dan Korea Selatan. Dengan adanya ratifikasi ini, Indonesia menjadikan Korea Selatan sebagai partner strategis dengan diberlakukannya perjanjian perdagangan bebas antara kedua negara.


Ratifikasi Kerjasama Ekonomi Komprehensif Indonesia - Korea


Ada sejumlah manfaat yang bisa dirasakan sehubungan dengan hal tersebut, diantaranya peningkatan besaran investasi Korea sehingga membuka peluang kerjasama baru di berbagai bidang industri lainnya.  

Sumber: 

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20221112180520-114-872921/g20-hallyu-dan-hubungan-manis-ri-korea-selatan

https://makassar.antaranews.com/berita/443365/pengembanganan-infrastruktur-transportasi-indonesia-melalui-ktt-g20

https://money.kompas.com/read/2022/11/15/153656026/di-ktt-g20-bali-jepang-dan-korea-selatan-lirik-sektor-transportasi-indonesia

https://id.wikipedia.org/wiki/MRT_Jakarta

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220726131927-185-826246/spesifikasi-lengkap-jet-tempur-kf-21-kerja-sama-indonesia-korsel 

https://ditjenppi.kemendag.go.id/index.php/bilateral

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda