g √Indahnya Festival Bunga Musim Semi di Korea - WahKorea.com

Minggu, 02 Oktober 2022

Indahnya Festival Bunga Musim Semi di Korea

Korea sangat dikenal dengan keindahan bunganya. Musim semi di Korea yang selalu ditunggu wisatawan baik asing maupun lokal untuk menikmati keindangan bunga, salah satunya Sakura. 


FESTIVAL BUNGA MUSIM SEMI KOREA SELATAN

Bagaimana Musim Semi di Korea Selatan? 


Musim semi di Korea berlangsung cukup singkat, mulai akhir bulan Maret hingga akhir bulan Mei. Cuaca yang cerah, disertai dengan suhu yang sejuk membuat musim semi menjadi musim yang ideal untuk berwisata. 

 

Awal musim semi, suhu musim semi masih terasa sangat dingin mencapai 7 derajat Celcius. Ketika memasuki bulan Mei, suhu akan mulai menghangat dan banyak bunga yang bermekaran. Suhu perlahan akan mulai naik hingga mencapai 23 derajat Celcius.



Terdapat berbagai macam bunga yang bermekaran, antara lain bunga sakura, bunga Forsythia, bunga Azaleas, bunga Magnolias, dan bunga Lilacs. Selain itu, masih ada banyak jenis bunga lagi yang akan bermekaran pada puncak musim semi.

 

Pengunjung yang datang ke Korea pada musim semi akan dimanjakan dengan keindahan deretan pohon cherry blossom. Sehingga tidak heran jika pada musim semi di Korea akan dikenal dengan Festival Bunga Musim Semi.


Apa yang Sebaiknya Dilakukan Jika Berkunjung ke Korea pada Musim Semi?

Udara pada musim semi pada bulan Maret dan April masih terbilang dingin. Pakaian musim semi disarankan yang berbahan tebal, sehingga hangat dan nyaman untuk dikenakan. Contohnya coat, cardigan dan celana bahan. 



Tidak disarankan mengenakan rok dengan bahan tipis, karena angin berhembus cukup kencang dan dingin.

Ada baiknya menyiapkan payung, karena pada musim semi kemungkinan akan terjadi hujan lebat. Saat menjelang bulan Mei, udara akan menjadi lebih hangat. Sehingga bisa mengenakan pakaian casual dengan bahan yang lebih ringan.

 

Festival musim semi menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Korea. Ada banyak festival yang diselenggarakan pada musim semi, karena waktu puncak musim semi di setiap daerah berbeda. 


4 Festival Bunga Musim Semi di Korea Selatan


Setidaknya ada empat jenis festival yang bisa dikunjungi di Korea pada musim semi, yaitu :


 1. Festival Daegu E-World Starlight Cherry Blossom

Festival Daegu E-World Starlight Cherry Blossom diselenggarakan di 200 Duryugongwon-ro, Dalseo-gu, Daegu yang berlangsung sejak 24 Maret hingga 8 April.

Source: VisitKorea.or.id

Festival akan semakin menarik dengan adanya pertunjukan lampu LED, kompetisi foto Cherry Blossom dan bazar makanan. Biasanya festival akan dibuka dengan shower party bunga sakura, pesta kembang api serta diikuti dengan event lainnya.


2. Festival Cherry Blossom Let’s Run Park Seoul


Berlokasi di Gyeongmagongwon-daero, Gwacheon, Gyeonggido, Festival Cherry Blossom Let’s Run Park Seoul berlangsung pada tanggal 7 hingga 15 April. 

festival cherry blossom lets run park seoul
Source : Trippose.com

Ada jalur sepanjang satu kilometer yang dipenuhi bunga sakura pada festival tersebut. Daya tarik akan semakin kuat karena bunga-bunga akan tampak menyala pada malam hari.


Festival Cherry Blossom Let’s Run Park Seoul juga menyediakan berbagai jenis atraksi untuk memeriahkan acara, antara lain : pencahayaan malam, area foto cherry blossom, national flower line, night market, seksi jajanan, busking, pertunjukan fusion modern dan klasik, hingga pertunjukan nonverbal.


3. Festival Tulip Everland


Jenis festival ketiga cukup berbeda dengan sebelumnya, bukan berupa festival Bunga Sakura tetapi bunga Tulip. Berlokasi di Everland yang akan menampilkan 1,2 juta bunga Tulip dengan 110 variasi yang berbeda.

Selain taman bunga Tulip, akan ada program lain, seperti : balon udara setinggi lima meter, bunga setinggi tiga meter, dan patung di Magical Tulip Garden. 

festival tulip everland
Source: KTO ID

Ada pula zona pasar yang dibuat dengan konsep bunga Eropa, kereta dan peri bunga yang tersedia di Marche Aux Fleurs.

Pengunjung bisa menikmati karakter musim semi yang berupa lebah madu dan larva di zona Photo Wonderland. Multimedia Fireworks Show bisa dinikmati pada malam hari yang menyajikan cerita dengan alur tema musim semi.

Jam operasional Everland akan diperpanjang hingga pukul 21:00 KST selama festival tulip berlangsung.


4. Yeouido Cherry Blossom Festival di Seoul


Jalan Yeouido sering disebut dengan Yunjunro road, sebagai tempat diselenggarakannya festival pada pertengahan bulan April. 

Sepanjang jalan Yeouido akan dipenuhi dengan pohon sakura yang berjajar sepanjang jalan. Terdapat sekitar 1886 pohon sakura yang tumbuh di sisi kiri dan kanan sepanjang jalan tersebut. 

yeouido cherry blossom festival

Tidak hanya pohon sakura, jalan tersebut juga ditumbuhi jenis bunga lainnya, yaitu : bunga azalea, forsythia, dan royal azaleas. 

Jalan Yeouido terletak di taman Yeouido yang dipenuhi berbagai aktivitas dan pertunjukan budaya selama festival berlangsung. Pertunjukan gratis untuk umum ini berlokasi di Yeouiseo-ro, Yeongdeungpo-gu, Seoul.


Masih Banyak Lagi Festival Bunga Musim Semi Korea Lainnya! 


Empat festival tersebut diatas hanya sebagian saja dari berbagai jenis festival yang diselenggarakan di Korea pada musim semi. 

Adapun jenis festival lainnya, antara lain: Jihae Gunghaje Cherry Flower Festival di Busan, Seokchon Lake Cherry Blossom Festival, Jeju Island Cherry Blossom Festival, serta masih banyak lagi lainnya.

Sebaiknya kumpulkan informasi terlebih dulu tentang festival yang ada di Korea, jauh sebelum keberangkatan. 

Lalu tentukan lokasi mana saja yang akan dijadikan sebagai tujuan wisata untuk menikmati musim semi. 

Jangan sampai kurangnya perencanaan akan membuat acara liburan menjadi tidak nyaman.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda