g √Mengenal 8 Distrik Utama yang Ada di Kota Seoul - WahKorea.com

Minggu, 30 Oktober 2022

Mengenal 8 Distrik Utama yang Ada di Kota Seoul

Kota Seoul adalah ibukota negara Korea Selatan. Sejarah kota ini sangat panjang, dikarenakan sudah menjadi ibukota resmi Korea Selatan sejak abad ke-14. 

Awalnya Kota Seoul dinamakan Hanseong. Kota terbesar di Korea Selatan ini dulunya menjadi ibukota dari Dinasti Joseon. 

Nama Hanseong lalu diubah pada zaman kependudukan Jepang. Berubah menjadi kota Gyeongsong. Biarpun berubah, namun kota tersebut tetap menjadi ibukota Korea Selatan.



Pada tahun 1945, setelah Korea Selatan merdeka dari penjajahan Jepang. Kota Gyeonsong baru berubah nama menjadi Kota Seoul hingga sekarang.

Saat ini kota Seoul berkembang menjadi pusat peradaban budaya Korea Selatan yang maju. Pembangunan besar-besaran dilakukan. 

Sejumlah fasilitas transportasi modern didirikan untuk kepentingan rakyat. Namun tidak meninggalkan ciri budaya tradisional asli milik Korea Selatan.  


8 Distrik Utama yang Ada di Kota Seoul, Korea Selatan


Kota Seoul terbagi atas 25 wilayah distrik yang luasnya berbeda-beda. Total populasi mencapai 9,49 juta pada tahun 2022. Luas wilayahnya sekitar 605,2 km. Menjadikan kota ini juga kota terpadat di Korea Selatan.

Dari sekian banyak distrik yang membagi kota Seoul, ada 8 distrik utama yang menjadi destinasi favorit untuk wisatawan. Kedelapan wilayah distrik tersebut terbagi menjadi dua wilayah, ulu dan ilir yang bersisian dengan Sungai Han.


Daerah Utara Sungai Han


1. Distrik Jongno


Distrik Jongno boleh dibilang sebagai pusat pemerintahan dan kebudayaan yang ada di Seoul. Di sini berdiri tiga dari lima kerajaan di Korea Selatan yaitu istana Gyeongbokgung, Changdeokgung, dan Changgyeogung. 


Jongno


Daerah Jongno disebut juga jalan bel dalam Bahasa Korea. Di sini juga dibangun desa Bukcheon yang letaknya dekat dengan pusat barang antik pasar Insadong. 

2. Distrik Jung


Distrik Jung dalam Bahasa Korea berarti distrik yang terdapat di pusat kota Seoul. Sama seperti distrik Jomgno, di distrik Jung juga terdapat banyak bangunan bersejarah bekas peninggalan penjajahan Jepang. 


Jung


Di daerah Jung ini terdapat pasar Myeongdong yang terkenal dengan pusat perbelanjaan kaum elit. Di lokasi ini berdiri
Seoul Tower dan pasar Namdaemun. 

3. Distrik Seodaemun/Mapo


Tak hanya menjadi distrik pelajar di mana banyak berdiri Universitas di dalamnya, Seodaemun juga terkenal dengan wilayah Sincheon yang erat dengan kehidupan malam. 


Seodaemun Mapo


Di sini juga ada Hongdae yang terkenal dengan lokasi tempat diadakan konser-konser artis jalanan dan band indie asal Korea Selatan.  

4. Distrik Yosan


Namanya memang mirip dengan nama permen anak-anak di Indonesia. Tetapi sesungguhnya distrik Yosan terkenal dengan kawasan militer dan pusat belanja barang elektronik. 


Yosan


Di sini ada daerah Itaewon, yang dikenal sebagai pusat komunitas muslim, di mana beragam restoran halal dan masjid terbesar di Korea, Seoul Center Mosque juga dibangun. 

Daerah Selatan Sungai Han


1. Distrik Gangnam


Daerah Gangnam identik dengan kawasan elit di Kota Seoul, Korea Selatan. Di sini dibangun COEX Mall dan Hyundai Department Store. 


Gangnam


Kawasan Gangnam pula, banyak sekali terdapat gedung-gedung dan apartemen pencakar langit. Gak heran kalau daerah ini dijadikan judul lagu oleh Psy yang liriknya mengandung unsur sosial. 

2. Distrik Songpa


Tak seperti wilayah lain, distrik Songpa terkenal dengan pusat taman hiburan di Seoul. Di sini ada Lotte World dan Olympic Park. 


Songpa


Lotte World terkenal dengan taman hiburan terbesar dan termegah di Korea Selatan. Ada permainan seluncur yang didapuk sebagai yang terbesar di dunia.

3. Distrik Yeouido


Berikutnya adalah distrik Yeouido yang merupakan sebuah pulau yang lokasinya berada di tengah kota Seoul. Menurut situs Visit Korea, area ini menjadi pusat bisnis, destinasi belanja dan hiburan yang dijadikan satu lokasi.


Yeouido


Dalam distrik Yeouido, banyak gedung-gedung tinggi mirip seperti pulau Manhattan di kota New York, Amerika Serikat. Dibangun perkantoran, hotel mewah dan pusat perbelanjaan ramah lingkungan The Hyundai Seoul.

4. Distrik Yangcheon


Distrik Yangcheon boleh dibilang kawasan padat penduduk di Kota Seoul. Di area ini terdapat wilayah Mok-dong yang dihuni oleh rakyat golongan menengah dan atas. Pada distrik Yangcheon ada pula Hyundae yang merupakan mall besar di Kota Seoul. 

Yangcheon


Sumber artikel :

Yuda, Wenika. 2018. Panduan Wisata Korea: Seoul, Nami Island & Jinhae. Penerbit Buana Ilmu Populer : Jakarta

Visitkorea.or.id  

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda