9 Destinasi Trend Wisata Glocal Terbaru di Korea Selatan

 9 DESTINASI TREND WISATA GLOCAL TERBARU DI KOREA SELATAN - Korea Selatan memang memiliki sejuta pesona dan keindahan. Memasuki pertengahan tahun 2022 ini, pemerintah Korea resmi membuka kunjungan wisata untuk para turis. Korea Selatan termasuk negara yang memiliki keunikan berdasarkan geologi dan cuacanya.

9 Destinasi Trend Wisata Glocal Terbaru di Korea Selatan

Bagi yang sudah pernah ke Korea, tentu ingin sesuatu yang baru. Nah Korea saat ini punya trend wisata terbaru yang bisa dikunjungi. Namanya adalah G-Local, gabungan dari dua kata; Global dan Lokal. Maksudnya tak lain karena destinasi wisata yang ada sebenarnya merupakan wilayah yang memiliki karakteristik lokal dan pesona budaya tradisional di sana. Namun sudah berkonsep global.

Makna global di sini merujuk kepada ketersediaan jaringan transportasi publik berupa kereta api super cepat yang baik dan aksesibel. Ditambah lagi wisatawan bisa mengakses informasi mengenai pariwisata dengan mudah lewat internet dan media sosial. 

Wisata Glocal Terbaru di Korea Selatan

Hayo, siapa yang sudah tidak sabar? Berikut 9 destinasi trend wisata Glocal terbaru di Korea Selatan :

1. Incheon

Kota Incheon merupakan kota pelabuhan yang ada di pesisir barat Korea Selatan. Beberapa kali berganti nama sejak era dinasti Goryeo, Incheon berkembang menjadi kota metropolitan  berpenduduk sekitar 3 juta orang. Di sini sedang dibangun bangunan menara kembar tertinggi di dunia bernama 151 Incheon Tower yang memiliki 151 lantai. 

incheon wisata glocal korea

Dikarenakan termasuk kota pelabuhan, banyak destinasi wisata pantai di kota Incheon. Pada tahun 2014 lalu, di sini juga diselenggarakan pesta olahraga Asian Games. Bandar udara internasional Korea juga berpusat di sini. Kota ini terbagi menjadi beberapa pulau, sehingga pengunjung dapat lebih lama berdarmawisata. 

2. Gangwon-do

Gangwon-do merupakan provinsi yang terletak di sebelah timur kota Seoul. Empat tahun yang lalu, Gangwon menjadi tempat berlangsungnya ajang olahraga musim dingin Olimpiade 2018. Bagi pencinta alam, di sini pastilah tempat yang menarik untuk sobat. 

Gangwon-do

Banyak destinasi gunung dan alam ada di Gangwon. Diantaranya Kota Chuncheon yang banyak objek wisata danaunya. Ada pula Kota Sokcho yang terkenal dengan makanan lautnya. 

3. Chungcheongnam-do

Satu lagi provinsi di Korea Selatan yang menjadi wisata andalan Glocal. Chungcheongnam-do provinsi di sebelah Barat Korea. Beribukota Daejon, populasinya adalah lebih kurang 2 juta orang. 

Chungcheongnam-do

Destinasi wisata Daejon merupakan gabungan dari modern dan alami. Di lokasi ini terdapat museum sains nasional, tempat liburan Korea mengasyikkan untuk anak-anak. Selain itu ada pula ruang hijau Kota yang disulap menjadi tempat wisata alam yang menakjubkan. 

4. Chungcheongbuk-do

Provinsi Chungcheongbuk-do dikenal pula dengan sebutan Chungbuk. Kota Cheongju adalah ibukotanya. Letaknya berada di tengah-tengah semenanjung Korea. Provinsi ini terkenal dengan destinasi wisata kebugaran fisik dan rohani (wellness tourism).

Chungcheongbuk-do

Jika kalian hendak mengunjungi Chungcheongbuk-do, sobat bisa melihat beragam festival unik yang ada di provinsi ini. Penduduk Chungcheongbuk-do salah satu penghasil kain tenun sutra di Korea. Makanya di sini diadakan Festival Budaya Kain Ramie Hansan yang mencoba mengenalkan budaya fashion tradisional khas Korea.  

5. Daejeon

Daejon adalah kota terbesar nomor lima di Korea Selatan. Penduduknya ada sekitar 1,5 juta jiwa. Selain wisata museum, di sini juga terdapat destinasi wisata belanja. Tepatnya di mall Sky Road sebagai mall serba ada yang bisa memuaskan mata bagi cewek yang hobi belanja.

Daejeon

Penggemar kuliner tidak perlu khawatir. Di Daejeon terdapat surga bagi pencinta kuliner Korea. Di sini berdiri Daejeon Jungang Market, sebuah pasar raksasa dengan banyak pedagang lokal. Ada pula Sung Sing Dam Bakery, toko kue dan roti yang sudah berdiri lebih dari 60 tahun. 

6. Daegu

Sobat yang sudah pernah berkunjung ke Korea, pastikan perjalanan kalian selanjutnya adalah mengunjungi Kota Daegu. Destinasi wisata Kota Daegu juga banyak yang menyuguhkan tema tradisional dan modern. 

Daegu wisata glocal korea selatan

Wisata Kota Daegu kita bisa mengunjungi Kuil Donghwasa, kuil Buddha yang telah berusia lebih dari 1,5 abad. Tak lengkap rasanya berkunjung ke sini tanpa bertandang ke Menara E-World 83 dimana kita bisa ke stasiun langit untuk dibawa menyusuri ketinggian menara dengan 83 lantai.

7. Jeollabuk-do

Jeollabu-do provinsi di Korea Selatan yang lokasinya ada di sebelah barat daya semenanjung Korea. Ibukota dari provinsi ini adalah kota Jeonju. Beberapa destinasi wisata di Jeollabuk-do membuat kita seolah-olah kembali ke masa kerajaan Korea. 

jeollabukdo

Sebut saja Kuil Gyeonggijeon yang telah berusia 600 tahun lebih. Sobat pencinta hiking, di sini ada gunung Jirisan yang menjadi lokasi syuting drama dengan judul yang sama. Ada pula hotel tradisional Korea "Royal Room of King" yang memberikan kita pengalaman tinggal di istana kerajaan Korea Selatan.

8. Jeollanam-do

Gwangju nama ibukota provinsi Jeollanam-do yang artinya Jeolla Selatan. Sebuah wilayah yang datar dipenuhi oleh pemandangan sawah yang luas dan area pantai yang memiliki banyak pelabuhan kecil. 

Jeollanam-do

Untuk yang muslim, di Kota Gwangju terdapat masjid tertua ketiga di Korea yang berdiri pada tahun 1981. Salah satu destinasi wisata turis di kota ini adalah museum nasional Gwangju yang menyimpan banyak kerajinan gerabah dan keramik tradisional.

9. Gyeongsangnam-do

Berarti Gyeongsang selatan, ibukota provinsi ini kota Mhasan. Di wilayah ini terkenal akan destinasi wisata laut Korea yang memesona. Sebut saja Hallyeosudo, kawasan maritim yang memiliki 360 pulau-pulau kecil.

Gyeongsangnam-do

Terkenal dengan bukit angin, lokasi wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis nan menawan. 

Sumber Artikel:

VisitKorea.or.id, wikipedia, thecrazytourist, mofa.go.kr

Posting Komentar untuk "9 Destinasi Trend Wisata Glocal Terbaru di Korea Selatan"